Masjid Agung Brussels, Belgia

Masjid Agung Brussels, disebut juga Great Mosque of Brussels atau Islamic Cultural Centre Belgium atau Centre Islamique et Culturel de Belgique merupakan masjid yang paling tua di negara Belgia. Pada awal pembentukannya tidak diperuntukkan sebagai masjid melainkan sebagai gedung pameran. Namun, saat ini masjid yang berlokasi di Cinquantenaire Park ini dipenuhi para jemaah yang hendak menunaikan ibadah di sana.

Masjid Agung Brussels terletak di Islamic Cultural Centre Belgium (Centre Islamique et Culturel de Belgique) 14, Parc du Cinquantenaire, 1000 Brussels yang merupakan kawasan elit Brussels. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dijadikan Pusat Kebudayaan Islam Belgia. Brussels sendiri merupakan salah satu kota dengan penduduk muslim terbanyak di deretan negara bagian barat dan sebagai markas Uni Eropa.

Islamic and Cultural Centre yakni organisasi Islam di Belgia yang telah berdiri sejak 1963 ini merupakan pengelola Masjid Agung Brussels. Kantornya berada di gedung sewaan di kawasan sederhana Kota Brussels.

Masjid yang awalnya sebagai paviliun pameran kebudayaan ini dirancang oleh arsitek Ernest Van Humbeek. Setahun setelahnya berubah menjadi tepatnya tahun 1880 berubah menjadi gedung eksebisi nasional Belgia. Kurangnya perawatan, gedung ini mengalami kerusakan yang cukup parah.

Pada tahun 1967, Raja Belgia, King Baudouin menjadikan bangunan tersebut sebagai hadiah untuk Raja Saudi Arabia, King Faisal bin Abdul al-Aziz, saat kunjungan resmi beliau ke Belgia. Maka berubahlah gedung yang tidak terawat tersebut menjadi Masjid bagi komunitas Muslim di Belgia sekaligus sebagai pusat kebudayaan Islam di Brussels.

Keseluruhan biaya pembangunan ulangnya ditanggung oleh kerajaan Saudi Arabia. Arsitek yang merancang masjid ini ialah Boubaker dari Tunisia. Pada tahun 1978, masjid ini diresmikan oleh Raja Saudi Arabia, King Khalid bin Abdul Aziz dan Raja Belgia King Baudouin.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Masjid Agung Brussels antara lain sholat fardhu berjamaah, penyiaran Islam atau dakwah, kursus Bahasa Arab untuk orang dewasa dan anak-anak, kursus pengenalan ajaran Islam, bimbingan khusus bagi para mualaf, konsultasi masalah perkawinan hingga pemberian santunan kepada fakir miskin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *