Masjid Brazil di Sao Paolo

Masjid Brazil merupakan masjid pertama yang didirikan di Kota Sao Paolo, Brazil. Masjid ini disebut juga Primeira Mesquita do Brazil atau dalam Bahasa Indonesia artinya Masjid Pertama di Brazil. São Paulo adalah kota terbesar di Brazil, kota ini juga menjadi pemukiman komunitas muslim terbesar di negara tersebut.

Komunitas muslim di Brazil sekitar 80% diantaranya ialah imigran. Sejarah Islam di Brazil yang panjang ikut menghiasi budaya negara tersebut mulai dari kuliner, arsitektural, busana, bahasa hingga ke berbagai nama tempat di sana yang menggunakan bahasa Arab dan bercorak Islam. Komunitas Muslim Arab di Sao Paolo inilah yang kemudian mendirikan Masjid pertama di Brazil yang terletak di di Av. do Estado.

Pembangunan masjid ini diawali dengan pembentukan organisasi Islam the Muslim Beneficent Society Palestine pada tahun 1927 oleh Hosni Adura Darwich Gazal. Setelahnya, berdatangan muslim dari Syria dan Lebanon maka di tahun 1929 lalu organisasi tersebut mengubah namanya menjadi Sociedade Beneficente Muçulmana (SBM) atau Muslim Beneficent Society.

Masjid Brazil berdiri di pusat keramaian Kota Sao Paolo, Brazil. Masjid ini dilengkapi dengan sekolah Al-Qur’an, Perpustakaan Islam, dapur umum, ruang serbaguna, sejak pertama kali dibangun. Terdapat pula berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Pengelola masjid ini ialah Islamic charitable society of Sao Paulo (SBM) dengan dua orang imam yakni Sheikh Sami dan Sheikh Mohamad yang mengadakan kuliah umum setiap hari Sabtu jam 10:00 hingga 12:00. Seperti masjid pada umumnya, Masjid Brazil juga menyelenggarakan sholat Jum’at dan dua hari raya. Serta sebagai penyelenggara pendidikan untuk anak-anak, wanita dan umum.

Bagian dalam masjid ini dihiasi oleh ukiran Islami yang indah di langit-langit kubahnya. Masjid ini memiliki sepasang menara yang menjulang tinggi dan kubah yang besar. Pada tahun 1952, masjid ini secara resmi dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Kehadiran masjid ini seolah menjadi nuansa Arabia yang begitu kental di negeri bikini, Brazil. Kini di negara ini telah tersebar sekitar 127 masjid di berbagai wilayahnya.

Leave a Comment