Masjid Cuiabá, Brazil (1978)

Brazil mengingatkan kita pada sebuah momentum besar yaitu Piala Dunia 2014. Penyelenggaraan Piala Dunia 2014 tersebut berlangsung meriah dan disambut antusias oleh seluruh penjuru dunia. Salah satu kota yang turut menyelenggarakan momentum besar itu adalah kota Cuiabá dengan Stadionnya yang terkenal dengan nama Arena Pantanal. Kota Cuiabá yang populer sebagai gerbang selatannya Amazon ini, didirikan pada tahun 1719 pada masa kegemilangan tambang emas (gold rush) dan menjadi ibu kota provinsi (negara bagian) dari Mato Grosso sejak tahun 1818. Semenjak itulah Cuiabá berkembang menjadi pusat perdagangan sekaligus pusat pertanian. Kota ini merupakan kota dengan perkembangan tercepat di Brazil dan menjadi jantung dari kawasan orang yang berpindah dari desa ke kota.

Kota Cuiabá juga memiliki komunitas muslim yang cukup banyak. Jumlah mereka seluruhnya sekitar 600 jiwa dari sekitar 150 keluarga. Muslim di kota Cuiabá merupakan warga keturunan dari Suriah, Lebanon dan Palestina, dan kebanyakan dari mereka mengungsi ke Brazil setelah perang dunia kedua dan menetap di kota tersebut dengan mata pencaharian utama mereka sebagai pedagang. Muslim Cuiabá ini bergabung dalam organisasi Islam The Muslim Beneficent Society of Cuiabá yang didirikan pada tanggal 8 April 1972 dan sudah memiliki sebuah masjid yang mulai dibangun tahun 1975 dan selesai tahun 1978 di kawasan Bandeirantes. Rambu-rambu jalan yang terpampang di depan masjid ini menunjukkan titik lokasi masjid ini dengan nama Mequita Mosulmana atau Masjid orang Muslim. Fungsi utama dari masjid ini adalah menjadi tumpuan satu-satunya untuk pelaksanaan salat berjamaah baik salat wajib lima waktu, salat jumat dan hari raya termasuk segala aktivitas umat Islam.

Saat hari raya, muslim yang berada di kota Cuiabá juga memiliki tradisi yang sama seperti muslim di berbagai belahan dunia lainnya. Mereka semua berkumpul untuk melakukan ibadah salat Ied, kemudian melakukan halal bilhalal dengan seluruh warga muslim dan saling beramah-tamah sembari menyantap hidangan yang disediakan di masjid.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *