Masjid Essalam, Rotterdam, terbesar di Belanda

Pada tanggal 17 Desember 2010 lalu, sebuah masjid di Negeri Kincir Angin akhirnya selesai dibangun dan diresmikan. Masjid tersebut bernama Masjid Essalam atau Assalam. Pembangunan masjid ini melalui sebuah perjalanan yang sangat panjang. Suatu pertikaian internal di antara panitia pembangunannya sempat membuat proses pembangunan masjid ini terbengkalai. Ditambah lagi adanya pertentangan dari kelompok anti pembangunan masjid di sana dan masalah finansial. Kini setelah masjid tersebut telah berdiri tegak, menjadi masjid terbesar di kawasan Benua Eropa bagian barat.

Masjid Essalam dibangun di Rotterdam, Belanda. Tepatnya di Vredesplein 3074 Rotterdam, Belanda. Masjid ini dilengkapi dengan dua buah menara setinggi 57 meter atau 164 kaki. Kapasitasnya hingga 3.000 jama’ah. Menurut Kepala Administrator Masjid, Abdelrazak Boutaher, Masjid Essalam akan menjadi masjid dan Islamic Center terbesar di Negeri Belanda. Dana yang dihabiskan untuk pembangunannya sejak awal hingga selesai mencapai 4 juta Euro.

Selesainya pembangunan Masjid Essalam juga berkat bantuan dana dari sebuah yayasan amal milik Sheik Dubai, Sheikh Hamad bin Rashid Al-Maktoum, Yayasan Amal Al-Maktoum, yang kemudian memberikan posisi pada satu orang dari yayasannya dalam kepengurusan masjid tersebut. Proyek pembangunan masjid ini sempat terbengkalai sekian lama karena beberapa permasalahan yang telah diuraikan di awal, salah satu diantaranya ialah ancaman dari dewan kota yang mendesak agar proyek pembangunannya segera diselesaikan atau dihancurkan, kemudian Al-Maktoum mengambil alih pembiayaan penyelesaian pembangunan masjid ini.

Setelah melalui berbagai polemik, akhirnya Masjid Essalam pun menggelar acara peresmian yang dihadiri oleh Ali Thani Al Suwaidi – duta besar UEA untuk Belanda, Duta Besar Maroko untuk Belanda, Mirza Al Sayegh – direktur kantor Sheikh Hamdan dan anggota pengurus yayasan Al Maktoum, pemimpin komunitas Muslim, serta kaum muslimin Rotterdam.

Pada saat khotbah Jumat pertama di Masjid Essalam, penceramah Islamic Centre di Dublin, Dr Hussein Halawa dalam ceramahnya mendesak kaum Muslim untuk mengikuti aliran Islam moderat dan menghindari perbedaan. Kini Masjid Essalam menjadi monumen budaya paling terkenal kedua di Rotterdam setelah Balai Kota Dewan. Masjid dengan luas 3.200 meter persegi ini terdiri atas empat lantai dan menjadikan satu lantai penuh khusus untuk jamaah wanita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *