Masjid Ortakoy Istanbul

Berdirinya Masjid Ortakoy menjadi salah satu bukti sejarah di Kota Istanbul, Turki. Secara resmi masjid ini bernama Büyük Mecidiye Camii (Masjid Agung Kekaisaran Sultan Abdülmecid). Namun, karena letaknya yang dekat dengan pelataran dermaga Ortakoy, masjid ini pun dikenal dengan sebutan Masjid Ortakoy yang dalam Bahasa Turki berarti Ortaköy Camii. Masjid ini berada di wilayah Beşiktaş, kota Istanbul, Turki.

Letaknya tepat di tepian selat Bosporus yang menyajikan pemandangan menawan, sehingga membuat kawasan di sekitar masjid ini sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada masanya, masjid ini merupakan salah satu masjid resmi Kekhalifahan Usmaniyah Turki. Kini masjid paling terkenal di Istanbul adalah Masjid Ortakoy.

Masjid Ortakoy juga dikenal sebagai masjid romantis, pasalnya warna temboknya yang merah muda didukung dengan lokasinya yang berada di tepian selat Bosporus serta landscape tempatnya berdiri menjadikan pemandangan yang menakjubkan dengan background jembatan Bosporus yang merupakan penghubung wilayah Turki di sisi Eropa dan wilayah Turki di sisi Asia.

Lokasinya yang tepat di pusat keramaian wisatawan di Istanbul mendatangkan banyak kedai kopi dan teh khas Turki sehingga tak jarang wisatawan memilih untuk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitarnya. Selain itu, ada berbagai macam rumah makan dan galeri seni di sini.

Masjid Ortakoy dibangun oleh Mahmut Aga atas perintah dari Sultan Abdülmecid. Pada tahun 1853 dilakukan peletakan batu pertama, kemudian pembangunannya berlangsung antara tahun 1854 hingga 1856 di atas reruntuhan Istana Cantemir (Cantemir Palace).

Masjid ini dirancang oleh arsitek Armenia Garabet Balyan dan anaknya Nigogayos Balyan yang juga merancang Istana dan Masjid Dolmabahçe, yang berada tak jauh dari Masjid Ortakoy ini. Masjid Ortakoy dirancang dengan gaya Neo-Baroque yang elegan oleh dua arsitek Armenia ini.

Terdapat dua lantai dalam masjid ini. Denahnya berbentuk U di sisi barat laut dan bangunan utama masjid menyatu dengannya. Ruang utama masjid berbentuk segi empat yang terletak di bawah kubah utama masjid.

Bagian interior Masjid Ortakoy dihiasi beragam ukiran dan karya seni Neo Baroque dengan sapuan warna merah muda (pink) yang dominan, sama halnya dengan salah satu sisi tembok luar masjid ini. Oleh karena itulah, wisatawan asing memandang masjid ini sebagai masjid Romantis.

Jika dilihat dari segi ukuran, Masjid Ortakoy ini terbilang mungil bila dibandingkan dengan bangunan masjid lainnya di Istanbul, namun lokasi dan rancangannya yang tidak biasa yakni menggunakan gaya baroque membuat masjid ini hadir dengan keistimewaannya tersendiri.

Leave a Comment