Masjid Raya Bandung Jawa Barat

Bandung yang dikenal dengan sebutan Kota Kembang ini tidak hanya dikenal akan budayanya yang beragam, tetapi juga ikon kotanya yang unik. Salah satunya ialah Masjid Raya Bandung Jawa Barat, masjid megah yang dibangun di alun-alun Kota Bandung. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang khas Indonesia, dulunya memiliki atap yang berbentuk limas. Masjid dengan dua lantai basement dan taman ini selesai dibangun dalam waktu 829 hari atau 2 tahun 99 hari, sejak peletakan batu pertama pada tanggal 25 Februari 2001 hingga peresmian Masjid Raya Bandung pada tanggal 4 Juni 2003 oleh Gubernur Jawa Barat (saat itu) H. R. Nuriana.

Masjid Raya Bandung Jawa Barat dibangun di Jalan Asia Afrika (Alun-alun Bandung) Bandung – 40251 Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya mudah ditemukan karena tepat berada di pusat kota Bandung. Pada tempatnya berdiri, berdekatan dengan Gedung Asia Afrika dan Hotel Preanger. Dua bangunan tersebut memiliki keterkaitan sejarah dengan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Masjid ini merupakan masjid tertua di Kota Bandung yang dirancang oleh 4 orang arsitek ternama, antara lain Ir. H. Keulman, Ir. H. Arie Atmadibrata, Ir. H. Nu’man dan Prof. Dr. Slamet Wirasonjaya. Sejak pertama kali dibangun pada tahun 1812, masjid ini telah mengalami banyak perubahan hingga tahun 2001. Kemudian pada tahun 2001, dilakukan perombakan besar-besaran sekaligus penataan ulang alun-alun Kota Bandung.

Terdapat dua menara kembar di kawasan masjid ini dengan tinggi 81 meter. Atap masjid yang semula berbentuk limas diganti menjadi bentuk satu kubah besar pada atap tengah dan kubah lebih kecil pada atap kiri – kanan masjid, dinding masjid terbuat dari batu alam dengan kualitas unggul. Saat ini luas tanah keseluruhan masjid adalah 23.448 m² dengan luas bangunan sebesar 8.575 m² dan memiliki kapasitas sekitar 12.000 jamaah.

Pengunjung yang ingin melihat panorama Kota Bandung dari atas dapat menaiki menara hingga ke lantai 19. Menara ini terlihat jelas dari berbagai sudut Kota Bandung. Sehingga menjadi ikon Kota Bandung yang menarik. Berbagai kegiatan keislaman dilaksanakan di masjid ini. Terlebih saat Bulan Ramadhan, sangat penuh dari mulai subuh hingga selepas tarawih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *