Masjid Sentral Glasgow

Masjid Sentral Glasgow atau Glasgow Central Mosque merupakan masjid pertama dan terbesar yang dibangun di Skotlandia, Inggris Raya. Lokasi tepatnya berada di tepi selatan sungai Clyde di distrik Gorbals di dalam wilayah central Glasgow. Masjid ini dibangun dengan megah pada tahun 1983 dan dibuka secara resmi untuk umum pada 8 Mei 1984 oleh Abdullah Abdullah Omar Nasseef, selaku sekretaris jenderal organisasi Liga Muslim Dunia.

Sebagian besar muslim di Glasgow pada era awal merupakan muslim yang berasal dari India dan Pakistan yang kemudian tinggal di distrik Gorbals yang sebelumnya masuk sebagai para migran ke Skotlandia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, menyusul kemudian kedatangan migran dari Irlandia, komuitas yahudi dan Italia yang juga masuk ke Glasgow pada periode yang sama.

Masjid Sentral Glasgow berdiri di atas lahan seluas 16 ribu m2 dan diperluas dan dikembangkan dengan penambahan fasilitas Islamic Center yang terhubung langsung dengan bangunan utama masjid. Islamic center ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti fasilitas olahraga dan pendukungnya, ruang pertemuan, perpustakaan, kafetaria serta menyediakan fasilitas pendidikan untuk berbagai kalangan dari berbagai usia dan layanan lainnya bagi komunitas muslim disana. Layanan itu seperti layanan pernikahan secara Islam yang sudah diakui oleh undang undang negara, layanan kunjungan dari anak anak sekolah ke masjid hingga layanan penyelenggaraan jenazah hingga pemakaman.

Pelataran masjid ini menjadi salah satu yang menarik perhatian di masjid ini selain dari menaranya yang menjulang tinggi, dan tentu saja kubah besar di atap utamanya yang dirancang sedemikan rupa sehingga memungkinkan cahaya matahari secara alami menerangi ruang dalam masjid ini di siang hari.

Khusus untuk menyuarakan azan, pengurus masjid ini menyiarkannya secara langsung melalui sinyal radio UHF sehingga bagi para Jemaah muslim di Glasgow dapat mengetahui waktu sholat melalui gelombang 454.40625 MHz. Selain itu masjid ini juga memiliki ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk acara pernikahan dan keperluan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *