Masjid Shat Gombuj, Tertua di Bangladesh

Masjid Shaṭ Gombuj merupakan sebuah bangunan monumental Islam pada abad ke-15 masehi dan merupakan peninggalan dari Kesultanan Bangladesh. Masjid ini memiliki beberapa nama, diantaranya The Sixty Dome Mosque atau Shaṭ Gombuj Moshjid serta lebih populer dengan sebutan Shait Gambuj Mosque atau Saith Gunbad Masjid atau 81 Dome’s Mosque, yang berarti masjid 60 kubah, sedangkan kubah masjid ini jumlahnya adalah 81 kubah bukan 60 kubah. Kesimpangsiuran penyebutan nama tersebut terjadi karena kesalahan penyebutan oleh masyarakat setempat. Kemungkinan nama masjid ini sebenarnya adalah “Shat Amud Masjid” yang artinya “Masjid 60 pilar” namun kemudian kata “Amut” terdengar dan dilafalkan “Gombuj” dalam Bahasa Bangladesh yang berarti “kubah”.

Masjid tertua ini berada di kota Bagerhat, sebelah selatan Bangladesh di daerah Khulna. Jaraknya sekitar tiga mill dari pusat kota Bagerhat. Sedangkan Bagerhat sendiri berjarak sekitar 200 mill dari Dhaka, ibukota negara Bangladesh. Masjid ini juga telah terdaftar sebagai cagar budaya dunia UNESCO pada tahun 1985. Masjid Shat Gombuj dirancang oleh arsitek Khan Jahan Ali dengan gaya Tughlaq. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1442 dan selesai tahun 1459. Tembok Masjid Shaṭ Gombuj dibangun tidak biasa karena dibuat begitu tebal seperti layaknya sebuah benteng, batu batanya dibuat tirus yang merupakan ciri khas batu bata di masa Tughlaq. Masjid ini dilengkapi dengan 11 pintu masuk berlengkungan besar di sisi timur dan masing-masing 7 pintu di sisi utara dan selatan yang juga berfungsi sebagai ventilasi udara dan masuknya cahaya ke dalam masjid.

Khan Jahan Ali merupakan tokoh utama kota tersebut pada masa pemerintan Sultan Nasiruddin Mahmud Shah. Khan Jahan mendesain kota yang dibangunnya dengan dua belas masjid dan dari sekian banyak masjid tersebut yang terkenal adalah Masjid Shat Gombuj ini. Sebagai masjid terbesar dalam ukurannya sekaligus merupakan masjid terbesar dengan kubah banyak pada masanya. Fungsi utama dari masjid ini adalah sebagai tempat sholat, masjid ini juga digunakan sebagai madrasah (sekolahan) dan ruang pertemuan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *