Masjid “Taj Mahal” di Kota Kuwait

Masjid yang terletak di Kuwait City, Ibukota negara Kuwait ini dibangun menyerupai Taj Mahal yang merupakan ikon negara India. Masjid yang memperlihatkan keindahan bangunan Taj Mahal ini dinamakan Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra di Kuwait. Masjid ini menjadi salah satu wisata religi populer di Kuwait selain Masjid Agung Kuwait yang merupakan masjid nasional Kota Kuwait.

Taj Mahal sendiri merupakan monumen yang terletak di Agra, India. Pembangunannya terlaksana atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Taj Mahal merupakan suatu karya cipta dari arsitektur Mughal. Monumen ini juga tercatat sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Lokasi Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra yang tak jauh dari Bandara Internasional Kuwait, menjadi pemandangan yang indah bagi para penumpang pesawat yang melintas. Nuansa Taj Mahal ada pada bagian depan masjid ini, namun bagian dalamnya sangatlah berbeda. Bagian luar masjid berwarna putih cerah. Tentu saja di dalamnya terdapat ruang sholat lengkap dengan mihrab dan mimbar.

Pembanguan Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra memang meniru bangunan Taj Mahal di India dan sudah seizin pemerintah India melalui kedutaan India di Kuwait. Bagian dalam masjid ini dihiasi ukiran kaligrafi Al-Qur’an yang indah. Masjid ini memiliki luas bangunan sebesar 3.316 meter persegi. Ide dari pembangunan masjid ini diperoleh dari anggota Majelis Al-Umma (parlemen) Kuwait, Hassan Johar, salah satu tokoh parlemen dari kelompok Islam Syiah Kuwait. Material bangunan yang digunakan diperoleh dari Mesir dan Iran.

Masjid “Taj Mahal” di Kuwait bukanlah satu-satunya masjid yang meniru arsitektur Taj Mahal di India. Beberapa bangunan di Las Vegas (Amerika Serikat), Dubai (Uni Emirat Arab) dan Shenzen (China) juga menjiplak gaya bangunan Taj Mahal. Sementara itu, seorang milioner di Bangladesh juga tengah membangun bangunan yang mirip dengan bangunan Taj Mahal di kota Dhaka, Ibukota Negara tersebut.

Leave a Comment