Masjid Tengku Ampuan Jemaah, Selangor, Malaysia

Salah satu masjid megah di Malaysia adalah Masjid Tengku Ampuan Jemaah yang terletak di Bukit Jelutong, Section U8 dekat dengan Shah Alam, Malaysia. Setelah Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah di wilayah section 14, masjid resmi yang kedua adalah Masjid Tengku Ampuan Jemaah. Masjid ini juga disebut sebagai Masjid Bukit Jelutong. Pemberian nama ini berdasarkan pada lokasi berdirinya. Sementara itu, Jelutong merupakan nama pohon. Di Indonesia, dikenal dengan nama Pohon Jelutung.

Pembangunan Masjid Tengku Ampuan Jemaah ini dilakukan pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2013, yang kemudian diresmikan oleh Sultan Selangor, Sultan Sharafuddin Idris Shah pada tanggal 17 Maret 2013. Pada saat upacara peresmian, Sultan Selangor mengeluarkan titah Sultan kepada pengurus masjid ini untuk senantiasa memikul tanggung jawab yang diamanahkan, senantiasa bersikap amanah, berwibawa dan professional serta dapat bekerjasama antara satu sama lain dengan erat dalam menjalankan program untuk memakmurkan masjid ini. Masjid ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi umat Islam di kawasan tersebut bersatu padu dengan semangat persaudaraan yang kukuh dan teguh.

Pembangunan masjid yang ditangani oleh Sime Darby Properties dan Bukit Jelutong ini menghabiskan dana sekitar RM 25,5 juta. Dana yang digunakan merupakan hibah dari Sime Darby Property dan keluarga Kesultanan Selangor melalui Dana Wakaf Almarhum Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah yang masing-masing menyumbangkan RM 6 juta Ringgit Malaysia. Penduduk Bukit Jelutong juga turut menyumbang melalui kutipan dana wakaf sebanyak RM 2,5 juta, begitu pula Kerajaan negeri Selangor sebesar RM 11 juta.

Masjid ini didesain dengan gaya masjid Timur Tengah. Pada masing-masing empat penjurunya, terdapat empat menara. Masjid Tengku Ampuan Jemaah memiliki luas 2.07 hektar. Masjid ini memiliki kapasitas sekitar 4000 jemaah sekaligus.

Berbagai fasilitas juga tersedia dalam masjid ini, antara lain aula serbaguna, ruang-ruang kuliah, taman bermain bagi anak-anak, perpustakaan dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Bagi Anda yang sedang atau akan berlibur ke Malaysia, Masjid Tengku Ampuan Jemaah bisa menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Leave a Comment